17 March 2023

Perbedaan Facebook Dan Instagram

 

Pada bagian ini saya hanya ingin mengingatkan, bahwa Facebook & Instagram tetaplah merupakan dua platform yang berbeda. Yang jelas, keduanya memiliki pengguna dan total yang berbeda. Sehingga secara teknis, kita sebagai pengiklan perlu memperhatikan perbedaan ekosistem dari kedua media tersebut.  Selain dari segi pengguna, kedua platform tersebut juga memiliki  perbedaan dari segi kolom iklan yang tersedia. Misalnya iklan story akan lebih banyak dilihat jika dilakukan di Instagram, tidak di  Facebook. Link aktif di kolom komentar juga yang hanya terdapat  di Facebook. Dan masih banyak perbedaan lainnya. Yang jelas, kita perlu menganalisis metode dan pendekatan yang  tepat untuk bisa sukses beriklan di kedua atau salah satu platfrom  tersebut. Toh yang ingin kita capai ialah bisa sukses beriklan. Ya gak?

Beriklan Di Facebook Dan Instagram

 

Untuk bisa beriklan di Faceebok dan Instagram Ads, kita membutuhkan perangkat smartphone, tablet, atau pc/laptop. Memiliki salah satu diantaranya adalah kebutuhan. Sedangkan  memiliki keduanya: perangkat smartphone dan pc/laptop sangat  disarankan.  Dengan menggunakan smartphone atau tablet, kita bisa beriklan  dengan melalui aplikasi secara langsung. Sedangkan dengan  menggunakan pc/laptop, kita bisa memanfaatkan Facebook  Business Suite dan membuat landing page untuk bisa lebih sukses  dan andal dalam beriklan. Dalam blog ini, saya akan mengajarkan setiap opsi cara beriklan  yang teman-teman bisa lakukan dengan menggunakan gadget yang ada.




Kekurangan Facebook & Instagram Ads

 

Meskipun penuh dengan kelebihan, saya coba tulis juga beberapa kekurangan Facebook & Instagram Ads yang biasa dikeluhkan orang-orang. Meskipun bagi saya sendiri, kekurangan yang saya tulis di bawah ini bukanlah sebuah kekurangan. Tergantung  bagaimana kita menyikapinya. 

1) Tidak Menjamin Pembelian

Banyak pemula yang beranggapan dengan kita beriklan di  Facebook & Instagram Ads, produk pasti laris manis dan terjual. Big No! Facebook & Instagram Ads hanya menjamin iklan kita  berlangsung sesuai tujuan iklan.  Maka di dalam artikel ini, saya juga masukkan beberapa ilmu-ilmu  marketing dasar yang seharusnya dipahami oleh teman-teman. Karena sudah pasti ketika kita beriklan, seharusnya kita paham juga  mengenai ilmu marketing dan digital marketing agar tidak salah  kaprah yang justru  membuat rugi. Maka dari itu saya sarankan teman-teman selalu upgrade ilmu dengan belajar terus menerus. Agar pandangan tentang dunia digital semakin meluas. Yuk semangat belajar!

2) Bisa Boncos Jika Tidak Siap

Kondisi rugi dalam beriklan atau  yang biasa disebut boncos adalah hal yang wajar. Namun menjadi
tidak wajar jika setiap beriklan terus mengalami boncos. Artinya kita sebagai pengiklan atau pemilik produk tidak siap dengan segala tuntutan pasar. Logikanya, kalau produk temanteman diminati pasar, iklan akan jauh dari kata boncos. Logikanya, kalau strategi pemasaran yang dimiliki sudah tepat, kita tidak akan boncos. Logikanya, kalau proses beriklannya sudah tepat, kita tidak akan boncos.  Jadi salah satu kekurangan beriklan jenis apapun, termasuk  Facebook & Instagram Ads adalah memiliki peluang boncos alias  merugi. Biaya iklan lebih besar ketimbang pendapatan dari hasil  beriklan. Dengan  demikian, pastikan produk dan strategi  pemasaran sudah matang sebelum beriklan ya.



3) Cara Penggunaan Harus Dipelajari

Meskipun tergolong mudah dipelajari, namun kemampuan  penggunaan komputer dan teknologi yang dimiliki masyarakat kita  masih belum terlalu baik. Disamping itu, ada beberapa fitur seperti  Facebook Business Suite yang jarang diketahui, kebanyakan orang  lebih familiar dengan pembuat iklan instan di aplikasi secara langsung. Dengan begitu, cara penggunaan Facebook & Instagram  Ads ini masih perlu dipelajari. 

4) Metode Pembayaran Terbatas

Tagihan iklan Facebook & Instagram Ads sampai saat artikel ini  ditulis belum dapat dibayar dengan menggunakan sistem  pembayaran lokal. Hanya kartu debit internasional dan kartu kredit  saja yang dapat digunakan. Meski begitu jangan khawatir, di  Indonesia sendiri sudah mulai banyak bank yang dapat digunakan  untuk pembayaran iklan Facebook & Instagram Ads, contohnya  rekening BTPN Jenius, Mandiri Debit, dan Jago.

08 February 2023

Kelebihan Facebook dan Instagram Ads

Kenapa Facebook & Instagram Ads begitu diminati para pelaku bisnis/usaha? Karena Facebook & Instagram Ads memiliki kelebihan yang cukup potensial untuk mempromosikan bisnis/usaha. Apa aja itu? Yuk kita simak. 

1) Harga Murah

 Dibandingkan dengan harga iklan di platform konvensional dan digital lainnya, harga iklan di Facebook/Instagram terbilang murah. Cost per Click alias biaya per klik yang dikeluarkan hanya Rp500 s.d. Rp4.000an saja, tergantung dengan iklan yang dibuat. Iklan mengenai webinar atau produk gratis biasanya akan sangat banyak yang klik dan akan menghabiskan Rp500 saja per kliknya. Sedangkan saya selama memasarkan kelas online biasanya mendapat harga Rp2.000 s.d Rp4.000 saja per klik nya. Sangat-sangat murah bukan? Hasil yang didapat sudah jelas pula, kita membayar per setiap klik. Artinya kita sudah mendapat tayangan tujuan iklan per biaya yang dikeluarkan. Sedangkan di platform lain terutama platform iklan konvensional seperti koran atau reklame kita membayar per kolom iklan, tidak tau seberapa banyak orang yang melihat iklan kita. 

2) Pasar Luas

Sebagaimana disinggung sebelumnya, pengguna Facebook & Instagram di Indonesia sangatlah besar. Besarnya target pelanggan di media sosial ini sangatlah besar. Ibarat kita memancing di kolam yang penuh dengan iklan. Akan sangat mudah, efektif, dan efisien!

 3) Beragam Fitur 

Facebook & Instagram Ads memiliki fitur yang cukup lengkap. Dari versi instannya sendiri pun sudah dilengkapi dengan fitur penargetan yang membuat kita bisa mengatur target pemirsa iklan kita. Apalagi jika menggunakan Facebook Business Suite yang akan juga kita pelajari. Fiturnya sangatlah lengkap memudahkan kita sebagai pengiklan bisa memaksimalkan iklan kita. 4) Mudah Digunakan Bagi teman-teman yang terbiasa menggunakan komputer sebenernya penggunaan Facebook & Instagram Ads sangatlah mudah. Dilakukan secara otodidak pun sebenarnya bisa-bisa saja. Penggunaan sangat mudah tinggal klik-klik dan sudah mendukung bahasa Indonesia.

Cara Kerja Facebook & Instagram Ads

Belum banyak pelaku bisnis dan usaha yang memahami cara kerja Facebook & Instagram Ads. Kebanyakan orang masih hanya sebatas tahu bahwa di orang-orang bisa beriklan di Facebook dan Instagram. Namun tidak tahu bagaimana cara kerjanya, apalagi cara menggunakan dan memaksimalkannya.

                                               
                                                                    Gambar 1.0 Bagan Meta Ads

Secara umum, cara kerja Facebook & Instagram Ads hanya sebatas lima tahap sebagaimana bagan di atas.

1) Beriklan di Facebook/Instagram 

Tahap pertama, kita akan melakukan pembuatan konten iklan dan memublikasikannya sebagai iklan di Facebook dan Instagram. Pada tahap ini sudah termasuk melakukan pengaturan target pemirsa dan jumlah biaya iklan.

2) Iklan Tayang di Facebook/Instagram 

Setelah kita membuat iklan, iklan akan ditinjauh terlebih dahulu oleh Facebook/Instagram untuk memastika konten yang kita buat tidak melanggar aturan. Tidak lama kemudian, iklan akan ditayangkan di Facebook/Instagram sesuai target pemirsa yang telah diatur. Akan ada ribuan dan jutaan orang yang melihat iklan kita.

3) Permirsa Klik Iklan

Selanjutnya iklan bisa di klik oleh pengguna Facebook/Instagram. Setiap pemirsa yang tertarik, sudah pasti akan melakukan klik pada iklan yang dilihatnya. Di bawah konten iklan platform akan menyediakan tombol agar pemirsa dapat dengan mudah klik iklan. Rata-rata kita akan membayar sekitar Rp500 sampai Rp4.000 per klik pemirsa.


4) Permirsa Masuk ke Tujuan Iklan

Pemirsa yang melakukan klik akan diarahkan ke tujuan iklan. Ada beragam tujuan iklan, misalnya masuk ke landing page penjualan, masuk ke e-commerce penjulan, masuk ke beranda akun, atau bahkan masuk ke fitur pesan, tergantung pengaturan iklan yang dibuat. Fokus dari platform Facebook/Instagram Ads adalah membuat iklan dapat mencapai tujuan, bukan membeli. Urusan membeli atau tidaknya, itu urusan lain. 


5) Membayar Tagihan Iklan 

Tagihan iklan akan diakumulasikan dalam jumlah tertentu. Dan akan dilakukan penagihan pada kartu debit/kredit yang kita daftarkan. Penagihan dapat dilakukan secara otomatis ataupun secara manual sebelum batas penagihan. Semua tagihan wajib dibayarkan. Jadi pastikan kita sudah memiliki dana sesuai pengaturan jumlah biaya iklan sebelum membuatnya. Jika tidak dibayar, kita tidak akan dapat beriklan lagi.

07 February 2023

Pengertian Facebook Ads dan Instagram Ads

Teman-teman harus tahu bahwa meskipun Facebook dan Instagram adalah platform yang berbeda, keduanya milik perusahaan besar yang sama . Ya, Meta dimiliki oleh Mark Zuckerberg. Dia mengambil alih Instagram pada tahun 2012. Akuisisi ini mengakibatkan Instagram bergabung dengan grup perusahaan Meta. Facebook & Instagram Ads merupakan platform yang menyediakan kebutuhan promosi bagi para pelaku bisnis dan usaha untuk  menyebarluaskan informasi mengenai produk/usaha mereka.


Gambar 1.0 Antar Muka Meta Ads 

 
Facebook & Instagram Ads bisa dibilang sama dan menyatu, bisa juga dibilang berbeda dan terpisah. Kenapa bisa demikian? Karena kita bisa beriklan di Facebook saja, bisa beriklan di Instagram saja, bisa juga beriklan di keduanya secara langsung. Ini yang menjadikan Facebook Ads dan Instagram Ads harus dibahas bersamaan dalam satu bahasan.

 
Kita bisa membaca pengantar mengenai Facebook Ads di halaman  https://web.facebook.com/business/ads dan mengenai Instagram Ads di halaman https://business.Instagram.com/advertising. Facebook & Instagram Ads merupakan salah satu cara untuk mempromosikan bisnis secara digital terbaik saat ini. Hal ini dikarenakan jumlah pengguna Facebook & Instagram yang sudah sangat besar di Indonesia dan seluruh dunia. Cara yang sangat mudah dan murah ketimbang beriklan di media konvensional seperti di Televisi atau Koran


28 April 2015

If Conditional (tugas 2 softskill bahasa inggris2)


Teori If Conditional
Pengertian Conditional Sentence

Conditional sentence adalah complex sentence (kalimat majemuk) yang dibentuk dari subordinate clause yang diawali dengan subordinate conjunction if berupa condition (syarat) dan main clause berupa result/consequence (hasil).

Ada 4 tipe conditional sentence yang biasa digunakan, yaitu: tipe 1, tipe 2, tipe 3, dan tipe 0. Condition pada conditional sentence tipe 1 mungkin dipenuhi, tipe 2 tidak atau hampir tidak mungkin dipenuhi, tipe 3 tidak mungkin dipenuhi (unreal), sedangkan tipe 0 selalu terwujud karena merupakan scientific fact/kebenaran ilmiah.
Rumus Conditional Sentence
Rumus umum conditional sentence

Secara umum, rumus kalimat pengandaian ini adalah sebagai berikut.

if + condition, result/consequence
atau tanpa tanda baca koma:

result/consequence + if + condition
Rumus Conditional Sentence berbagai tipe
Type
Rumus Conditional Sentence
0
if + simple present, simple present
1
if + simple present, will + bare infinitive
2
if + simple past, would/could/might + bare infinitive
3
if + past perfect, would/should/could/might have + past participle
Contoh Conditional Sentence

Berikut contoh conditional sentence pada berbagai tipe sesuai dengan rumus di atas.
Type
Contoh Conditional Sentence
0
If we burn paper, it becomes ash.
(Jika kita membakar kertas, itu menjadi abu.)
1
If I meet him, I will introduce myself.
(Jika saya bertemu dia, saya akan memperkenalkan diri.)
2
If it rained tomorrow, I would sleep all day.
(Jika besok hujan, saya akan tidur sepanjang hari.)
3
If you had remembered to invite me, I would have attended your party.
(Jika kamu ingat mengundang saya, saya akan hadir di pestamu.)

Negatif If Conditional

Rumus: if…not dapat digantikan dengan unless.

Contoh conditional sentence: if…not dan unless:

Dengan menggunakan rumus negatif if, contoh conditional sentence seperti di bawah ini.

-If the students do not understand, they will raise their hand to ask.
-Unless the students understand, they will raise their hand to ask.

Curicculum Vitae

CURRICULUM VITAE

I. PERSONAL DETAILS
Name : Suprianto
Mailing Address : Dinurrahman street 72
Bogor 16320
Contact Number : 1. 0341-569346
2. 085711619777
Place, Date of Birth : Jakarta, September 29, 1993
Sex : Male
Marital Status : Single
Religion : Islam
Nationality : Indonesian
II. EDUCATION DETAILS
1. 1998-1999 : Kindergarten Al-Irsyadh
2. 1999-2003 : Elementary School Kota Bambu 03 Pagi
3. 2003-2005 : Elementary School Pabuaran 02
4. 2005-2008 : Junior High School Al-Basyariah
5. 2008-2011 : Vocational High School Al-Muhtadin
6. 2000 – 2003 Computer Science and Information Technology University Of Gunadarma
GPA = 3.07


III. ON THE JOB TRAINING / COURSE
January 2016 Ministry Of Foreign
EDUCATION CENTRE
2009-2011: Practical Education Center
2010 :Lembaga Pendidikan Indonesia Amerika

IV. COMPUTER ABILITY
Microsoft Word, Microsoft Excel, Oracle, C Language, Robotics Programming

This is to state that above information is true and provided here by me, all in good faith.

Sincerely yours,

(Suprianto)








Surat Pengalaman Kerja Bahasa Inggris

Kementrian Luar Negeri
Jl. Pejambon No.6. Central Jakarta, 10110 Indonesia
WORK EXPERIENCE CERTIFICATE
No: 2211/HRD/VII/2013
The undersigned below:
Name : Haryono
Position: Secretariat Head of Ministry of Foreign
Address: Jl. Pejambon No.6. Central Jakarta , 10110 Indonesia

Truthfully explained that:
Name : Irfan Natarsha
Age : 23 Years
Occupation : Secretariat Staff of Ministry of Foreign
Address : Jl. Pejambon No.6. Central Jakarta , 10110 Indonesia

Was a permanent employee in this company and working since January 11, 2016 until May 22, 2025 with his last position as secretariat staff. He quit this job based on personal whim. While working in these companies, he has clean work record of violations and always gives good results for the company’s progress. For his dedication and good conduct during working with us, we thank you. Hopefully he will be more success in the future.

Similarly, a certificate of work experience we have created, so that it can be used as appropriate.

Jakarta, May 25, 2025
Secretariat Head of Ministry of Foreign

Haryono


Past Tense

PERSONAL INFORMATION
Name : Suprianto
Address : Kp.Kelapa Rt08/05
Phone : 085711619777

PERSONAL PROFILE
A qualified English teacher who is able to effectively communicate with students from different backgrounds or varying degrees of ability. A dedicated professional with a proven ability to teach, motivate students to maximum performance by encouraging a positive and energetic environment. Fully familiar with the English National Curriculum and experience of applying technology in the classroom to make the most of the learning experience. Presently looking for a English teaching position with a progressive school.































Link Sumber:  
http://www.belajaringgris.net/surat-pengalaman-kerja-bahasa-inggris-1575.html
http://putikdwinuralifah.blogspot.com/2015/04/application-letter.html

20 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

  20 Cara Membuat Artikel SEO Friendly Menulis artikel dengan baik belumlah cukup. Anda juga harus membuat artikel tersebut ramah mesin penc...