17 March 2023

Kekurangan Facebook & Instagram Ads

 

Meskipun penuh dengan kelebihan, saya coba tulis juga beberapa kekurangan Facebook & Instagram Ads yang biasa dikeluhkan orang-orang. Meskipun bagi saya sendiri, kekurangan yang saya tulis di bawah ini bukanlah sebuah kekurangan. Tergantung  bagaimana kita menyikapinya. 

1) Tidak Menjamin Pembelian

Banyak pemula yang beranggapan dengan kita beriklan di  Facebook & Instagram Ads, produk pasti laris manis dan terjual. Big No! Facebook & Instagram Ads hanya menjamin iklan kita  berlangsung sesuai tujuan iklan.  Maka di dalam artikel ini, saya juga masukkan beberapa ilmu-ilmu  marketing dasar yang seharusnya dipahami oleh teman-teman. Karena sudah pasti ketika kita beriklan, seharusnya kita paham juga  mengenai ilmu marketing dan digital marketing agar tidak salah  kaprah yang justru  membuat rugi. Maka dari itu saya sarankan teman-teman selalu upgrade ilmu dengan belajar terus menerus. Agar pandangan tentang dunia digital semakin meluas. Yuk semangat belajar!

2) Bisa Boncos Jika Tidak Siap

Kondisi rugi dalam beriklan atau  yang biasa disebut boncos adalah hal yang wajar. Namun menjadi
tidak wajar jika setiap beriklan terus mengalami boncos. Artinya kita sebagai pengiklan atau pemilik produk tidak siap dengan segala tuntutan pasar. Logikanya, kalau produk temanteman diminati pasar, iklan akan jauh dari kata boncos. Logikanya, kalau strategi pemasaran yang dimiliki sudah tepat, kita tidak akan boncos. Logikanya, kalau proses beriklannya sudah tepat, kita tidak akan boncos.  Jadi salah satu kekurangan beriklan jenis apapun, termasuk  Facebook & Instagram Ads adalah memiliki peluang boncos alias  merugi. Biaya iklan lebih besar ketimbang pendapatan dari hasil  beriklan. Dengan  demikian, pastikan produk dan strategi  pemasaran sudah matang sebelum beriklan ya.



3) Cara Penggunaan Harus Dipelajari

Meskipun tergolong mudah dipelajari, namun kemampuan  penggunaan komputer dan teknologi yang dimiliki masyarakat kita  masih belum terlalu baik. Disamping itu, ada beberapa fitur seperti  Facebook Business Suite yang jarang diketahui, kebanyakan orang  lebih familiar dengan pembuat iklan instan di aplikasi secara langsung. Dengan begitu, cara penggunaan Facebook & Instagram  Ads ini masih perlu dipelajari. 

4) Metode Pembayaran Terbatas

Tagihan iklan Facebook & Instagram Ads sampai saat artikel ini  ditulis belum dapat dibayar dengan menggunakan sistem  pembayaran lokal. Hanya kartu debit internasional dan kartu kredit  saja yang dapat digunakan. Meski begitu jangan khawatir, di  Indonesia sendiri sudah mulai banyak bank yang dapat digunakan  untuk pembayaran iklan Facebook & Instagram Ads, contohnya  rekening BTPN Jenius, Mandiri Debit, dan Jago.

No comments:

Post a Comment

20 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

  20 Cara Membuat Artikel SEO Friendly Menulis artikel dengan baik belumlah cukup. Anda juga harus membuat artikel tersebut ramah mesin penc...