17 March 2023

Aturan Iklan Di Facebook Dan Instagram


 Facebook & Instagram Ads memiliki beberapa aturan yang harus ditaati dalam beriklan dan membuat iklan. Mereka akan mengulas konten iklan dan juga konten landing page (jika menggunakan landing page) yang kita buat.

Jika ditemukan pelanggaran, maka pengajuan iklan akan ditolak. Bisa juga saat iklan sedang berlangsung, mereka akan melakukan  peninjauan kembali. Jadi pastikan, kita tidak pernah melanggar  kebijakan aturan iklan mereka.  Teman-teman dapat membaca kebijakan iklan yang diterapkan oleh  Facebook & Instagram Ads pada halaman di bawah ini.  https://web.facebook.com/policies/ads/

Tentunya, aturan-aturan tersebut berkaitan erat dengan hal hal seperti jenis produk, keamanan produk, tindakan kekerasan dan kriminal, hak kekayaan intelektual, konten dewasa, MLM, konten khusus yang dibatasi, dan konten sosial politik. Silakan baca dulu saja halaman di atas, pastikan produk/usahamu tidak melanggar aturan iklan yang telah ditetapkan.


1. Facebook & Instagram Ads Sebagai Alat Digital Marketing


Banyak buku dan kelas online yang menjelaskan bahwa Facebook & Instagram Ads dapat meningkatkan penjualan produk kita. Namun, tidak banyak sumber yang menjelaskan bahwa sejatinya
Facebook & Instagram Ads ini hanyalah alat alias tools yang terdapat di dalam digital marketing.


a. Definisi Digital Marketing


Digital marketing merupakan segala bentuk usaha dengan menggunakan perangkat dan media digital yang digunakan untuk  mempromosikan suatu produk/usaha. Beberapa contoh metode yang termasuk ke dalam digital marketing digambarkan pada bagan di bawah ini


Banyak yang salah kaprah bahwa digital marketing adalah iklan digital. Pahadal iklan digital hanyalah salah satu bentuk dari digital marketing. Jadi, jika teman-teman melakukan share informasi  produk/usaha di grup media sosial, itu pun sudah termasuk digital marketing.


b. Skema Digital Marketing


Saya akan tunjukkan skema yang terjadi dalam dunia digital marketing agar teman-teman lebih paham. Berikut bagan skema nya


Setiap usaha untuk mempromosikan dan menjual produk/jasa pasti memiliki tujuan. Setiap owner pasti punya dong tujuan marketing. Nah dari tujuan itu, diperlukan ilmu mengenai teknik digital marketing yang pas untuk produknya. Setiap produk memiliki kecocokan teknik digital marketing masing-masing. Diperlukan riset mendalam dan analisis cerdas untuk bisa melejitkan penjualan. Nah, barulah Facebook & Instagram Ads hadir sebagai alat untuk melakukan proses digital marketing. Alat ini sejatinya hanya mengikuti alur kerja sesuai dengan teknik marketing. Hingga pada akhirnya terjadi pemasaran produk/usaha kita kepada para calon pembeli.

c. Intinya Ialah Kemampuan Marketing

Banyak yang bertanya: “Mas, kalau pakai Facebook & Instagram  Ads bakalan sering boncos ya?”. Yap, memang keadaan boncos atau rugi susah untuk dilewati jika kita tidak paham mengenai ilmu  marketing. Maka dari itu, ketika kita sudah terjun ke dunia usaha, ilmu-ilmu tentang marketing harus terus dipelajari sampai ke akarnya. Itu semua ibarat kasus seperti berikut. Si A memiliki usaha toko  kelontongan di rumah Blok A. Dia sukses berjualan dengan meraih penghasilan 10 juta per bulan
dengan berjualan kebutuhan pokok masyarakat. Namun bulan ini Si A harus pindah ke luar kota. Diisilah rumah Blok A oleh Si B. Si B membuat toko kelontongan di rumah tersebut. Tapi entah kenapa
Si B hanya bisa meraih penghasilan 5 juta saja per bulan. Atau kasus seperti ini. Si A memiliki usaha digital tentang penjualan template power point. Si B juga punya usaha digital yang sama. Kualitasnya mirip-mirip atau bahkan sebanding. Tapi Si A hanya bisa meraih penghasilan 2 juta per bulan dari produk digitalnya. Sedangkan Si B ternyata bisa meraih hingga 30 juta per bulan dari produk digitalnya. Ada yang tau apa sebabnya? Hehe, itulah yang sering dilupakan banyak orang. Adanya perbedaan teknik marketing dan teknik berdagang juga berpengaruh. Atau kasarnya ada perbedaan tingkat ilmu yang dimiliki antara Si A dan Si B.


No comments:

Post a Comment

20 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

  20 Cara Membuat Artikel SEO Friendly Menulis artikel dengan baik belumlah cukup. Anda juga harus membuat artikel tersebut ramah mesin penc...