08 February 2023

Cara Kerja Facebook & Instagram Ads

Belum banyak pelaku bisnis dan usaha yang memahami cara kerja Facebook & Instagram Ads. Kebanyakan orang masih hanya sebatas tahu bahwa di orang-orang bisa beriklan di Facebook dan Instagram. Namun tidak tahu bagaimana cara kerjanya, apalagi cara menggunakan dan memaksimalkannya.

                                               
                                                                    Gambar 1.0 Bagan Meta Ads

Secara umum, cara kerja Facebook & Instagram Ads hanya sebatas lima tahap sebagaimana bagan di atas.

1) Beriklan di Facebook/Instagram 

Tahap pertama, kita akan melakukan pembuatan konten iklan dan memublikasikannya sebagai iklan di Facebook dan Instagram. Pada tahap ini sudah termasuk melakukan pengaturan target pemirsa dan jumlah biaya iklan.

2) Iklan Tayang di Facebook/Instagram 

Setelah kita membuat iklan, iklan akan ditinjauh terlebih dahulu oleh Facebook/Instagram untuk memastika konten yang kita buat tidak melanggar aturan. Tidak lama kemudian, iklan akan ditayangkan di Facebook/Instagram sesuai target pemirsa yang telah diatur. Akan ada ribuan dan jutaan orang yang melihat iklan kita.

3) Permirsa Klik Iklan

Selanjutnya iklan bisa di klik oleh pengguna Facebook/Instagram. Setiap pemirsa yang tertarik, sudah pasti akan melakukan klik pada iklan yang dilihatnya. Di bawah konten iklan platform akan menyediakan tombol agar pemirsa dapat dengan mudah klik iklan. Rata-rata kita akan membayar sekitar Rp500 sampai Rp4.000 per klik pemirsa.


4) Permirsa Masuk ke Tujuan Iklan

Pemirsa yang melakukan klik akan diarahkan ke tujuan iklan. Ada beragam tujuan iklan, misalnya masuk ke landing page penjualan, masuk ke e-commerce penjulan, masuk ke beranda akun, atau bahkan masuk ke fitur pesan, tergantung pengaturan iklan yang dibuat. Fokus dari platform Facebook/Instagram Ads adalah membuat iklan dapat mencapai tujuan, bukan membeli. Urusan membeli atau tidaknya, itu urusan lain. 


5) Membayar Tagihan Iklan 

Tagihan iklan akan diakumulasikan dalam jumlah tertentu. Dan akan dilakukan penagihan pada kartu debit/kredit yang kita daftarkan. Penagihan dapat dilakukan secara otomatis ataupun secara manual sebelum batas penagihan. Semua tagihan wajib dibayarkan. Jadi pastikan kita sudah memiliki dana sesuai pengaturan jumlah biaya iklan sebelum membuatnya. Jika tidak dibayar, kita tidak akan dapat beriklan lagi.

No comments:

Post a Comment

20 Cara Membuat Artikel SEO Friendly

  20 Cara Membuat Artikel SEO Friendly Menulis artikel dengan baik belumlah cukup. Anda juga harus membuat artikel tersebut ramah mesin penc...